Home   About   Contact

Friday, January 24, 2014

Tawar Penggel, Obat Tradisional Patah Tulang Khas Karo

Tawar penggel adalah pengobatan tradisional patah tulang dari Tanah Karo yang keberadaanya masih tetap eksis hingga saat ini di tengah-tengah masyarakat. Pengobatan tawar penggel sendiri biasanya dilakukan oleh seorang Pertawar penggel, yaitu julukan oleh suku Karo bagi seseorang yang memiliki keahlian untuk mengobati patah tulang atau kerap juga dijuluki sebagai guru atau dukun patah tulang tradisional Karo.

Diberbagai daerah yang ditinggali oleh masyarakat Karo, khususnya di Kabupaten Karo dan Kota Medan, profesi pertawar penggel atau dukun patah tulang masih dapat dengan mudah ditemukan. Bahkan salah satu dukun patah yang paling terkenal di Indonesia yang berasal dari Tanah Karo adalah dukun patah Gurusinga. Keberadaan balai pengobatan patah tulang Gurusinga dapat ditemukan diberbagai kota besar di Indonesia, terkhusus di Medan dan Jakarta.

Tawar Penggel ini juga mencakup pengobatan berbagai jenis penyakit yang berkaitan dengan urat, otot, dan tulang seperti terkilir, keseleo, tulang bergeser, salah urat, patah tulang sampai tulang remuk. Bagi pasien yang mengalami patah tulang atau tulang remuk, proses pengobatannya dilakukan tanpa serumit di rumah sakit dimana harus dironsen atau jika dianggap tidak mungkin ditolong maka dilakukan amputasi.

Pertawar penggel atau sang guru umumnya hanya melihat tulang yang bermasalah, kemudian  mengolesi minyak urut rahasia yang dibuat sendiri, serta dibarengi dengan teknik pemijatan khusus. Ketika proses pengobatan dilakukan secara rutin dalam beberapa hari, maka keberadaan tulang yang remuk atau patah tersebut akan sembuh dan kembali normal seperti sediakala.

Karena keberadaan tawar penggel memang terbukti berkhasiat untuk mengobati patah tulang, tidak heran bila keberadaanya masih sangat dipercayai hingga kini oleh masyarakat. Selain memang terbukti dapat menyembuhkan patah tulang, faktor harga yang dianggap lebih murah dibandingkan pengobatan medis modern juga menjadi satu alasan utama yang menjadikan dukun patah tulang Karo masih diminati hingga saat ini.

Adapun keberadaan pertawar penggel yang memiliki pengetahuan untuk mengobati patah tulang, secara umum sejauh ini merupakan pengetahuan yang diwariskan secara turun-temurun, terutama pada lingkungan keluarga ataupun pada tingkat tetangga pada masyarakat Karo.

1 comment:

  1. ini merupakan warisan turun-temurun yang perlu dilestarikan. pengetahuan dan obat tradisional ini benar-benar bermanfaat.

    ReplyDelete