Home   About   Contact

Thursday, January 30, 2014

Cara Mengobati Kudis dengan Ramuan Tradisional Karo

Kudis atau scabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau. Dalam bahasa Karo penyakit ini disebut dengan kudil yaitu penyakit kulit yang ditandai dengan adanya keropeng, kebotakan, dan rasa gatal-gatal pada kulit, khususnya pada kulit telapak tangan dan kaki. Sementara kudis yang terdapat pada hewan peliharan, orang Karo sering menyebutnya dengan istilah darangen.

Penyakit kudis umumnya dijumpai pada daerah-daerah kumuh serta kurangnya menjaga kebersihan badan. Penyakit ini juga kerap menimpa saat musim penghujan tiba. Gejala yang ditimbulkan adalah munculnya rasa gatal pada bagian sela-sela kaki, tangan, di bawah ketiak, dan juga pinggang.

Kudis juga termasuk penyakit yang mudah menular. Penularan penyakit ini dapat terjadi ketika terjadi kontak langsung atau memakai baju, handuk penderita. Selain menggunakan obat-obatan yang tersedia di apotik, penyakit kudis juga dapat diatasi dengan pengobatan tradisional.

Masyarakat Karo yang telah mengenal penyakit kudis secara turun-temurun memiliki resep ampuh untuk mengatasi penyakit ini. Adapun cara mengatasi penyakit kudis dengan menggunakan ramuan tradisional Karo dapat dipelajari seperti yang akan dijelaskan berikut ini:

Bahan-bahan
  • Daun ruku-ruku
  • Daun tembakau
  • Jerangau
  • Batu apung (Boroh)
  • Daun bedi
  • Minyak kelapa
Cara Penggunaan
Bahan-bahan yang telah disiapkan kemudian dicampur kemudian digiling hingga halus, serta ditambah sedikit air putih. Kemudian ramuan tersebut dioleskan pada kulit yang terkena penyakit kudis dengan menggunakan bulu ayam. Lakukan pengobatan 3 kali dalam sehari hingga 5 hari. Apabila penyakit kudis belum juga menunjukkan tanda-tanda kesembuhan, maka silahkan kunjungi dokter yang terdekat dengan Anda.

No comments:

Post a Comment