Home   About   Contact

Wednesday, January 15, 2014

Oukup, Mandi Sauna Tradisional Khas Karo

Oukup adalah mandi sauna tradisional khas suku Karo yang memanfaatkan berbagai jenis tumbuhan sebagai ramuannya. Mandi sauna ini bermanfaat untuk kesehatan para ibu baru melahirkan, serta dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit; seperti penyakit gula darah, rheumatik, asam urat, dan lain sebagainya.

Secara umum metode oukup sangat mirip dengan mandi sauna yang banyak terdapat di rumah kecantikan. Namun hal yang membedakannya adalah oukup menggunakan ramuan khas Karo untuk menghasilkan aroma yang menyegarkan yang kemudian berkhasiat untuk penyembuhan penyakit.

Selain dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit, pada saat melakukan trapi oukup tubuh akan mengeluarkan banyak keringat dan hal ini akan melancarkan perdaran darah. Selain itu sauna khas Karo ini juga berkhasiat untuk menghilangkan bau badan, serta menghilangkan lemak di dalam tubuh.

Keberadaan oukup yang sudah dikenal secara turun-temurun oleh masyarakat Karo, dulunya dilakukan dengan cara memasak air disertai dengan berbagai ramuan-ramuan. Setelah air mendidih, kemudian diangkat dan dimasukkan di dalam sebuah wadah berupa ember. Ember tersebut kemudian diletakkan di bawah kursi, orang yang akan melakukan trapi oukup kemudian duduk di atas kursi tersebut sambil dibungkus dengan selimut, sehingga uap air panas dari bawah akan memaksa keringat keluar. Seiring dengan keluarnya keringat saat melakukan trapi oukup, maka hal ini berguna mengeluarkan sisa kotoran dari dalam tubuh, sekaligus menyehatkan badan.

Saat ini keberadaan oukup sudah banyak dikomersilkan. Berbagai rumah oukup dapat dengan mudah di temukan, khususnya di kota Medan. Seiring dengan komersialisasi oukup yang semakin marak, pengolahan rempah-rempah juga sudah dimodrenisasi. Keberadaan rempah-rempah telah direbus pada sebuah wadah khusus, dari wadah tersebut akan terhubung dengan sebuah pipa ke ruang oukup. Ketika rempah-rempah dipanaskan, maka melalui pipa akan tersalur uap air yang memanasi ruang oukup.

Ruangan oukup biasanya didesain tertutup, sehingga ketika seseorang masuk didalamnya akan merasakan uap yang panas, sementara untuk bernafas saat mandi uap tersebut, klien akan memperoleh udara segar melalui lubang kecil yang disediakan di dinding kamar yang sekaligus juga berfungsi untuk mencegah keluarnya keringat secara berlebihan.

Meski sejauh ini belum ada penelitian medis secara resmi yang menyatakan oukup bermanfaat bagi kesehatan, tapi keberadaannya kian berkembang karena permintaan yang relatif tinggi. Semakin besarnya minat orang yang mengunjungi oukup, maka seiring itupula semakin banyak panti oukup yang bermunculan. Dari beberapa informasi yang mengemuka, paling tidak di Medan saat ini telah memiliki sekitar 60 panti yang tersebar di berbagai tempat.

1 comment:

  1. Mejuah-juah Karo Herbal,
    Saya sangat tertarik dengan tulisan Anda yang mengangat kearifan Karo khususnya dari sisi pengobatan. Saat ini saya sedang coba memasarkan Minyak Karo secara serius dengan harap dapat ikut mempopulerkan salah satu kekayaan Suku Karo. Kebetulan Kakek (alm) adalah seorang yang mampu mengobati dengan menggunakan ramuan khas suku karo dan jg mendokumentasikan ramuannya secara tertulis.

    Saya hanya dapat mengkontak Koro Herbal dari sini. Jika dibolekan silahkan hub kami via facebook di Minyak Karo Cap Harimau atau email : minakkaro@gmail.com atau hub di 081276633920

    Semoga bisa balajar dari pengetahuan Karo Herbal.

    Bujur, Terima kasih.

    ReplyDelete