Home   About   Contact

Wednesday, January 29, 2014

Pengobatan Tradisional Karo untuk Penyakit Kencing Nanah

Kencing nanah atau gonore adalah penyakit menular seksual yang timbul akibat terjadinya infeksi pada laipasan uretra, leher rahim, rektum, tenggorokan, dan bagian putih mata (konjungtiva). Infeksi ini terjadi diakibatkan oleh Neisseria gonorrhoeae, yaitu bakteri gram negatif berbentuk diplokokus yang dapat menyebar melalui aliran darah ke bagian tubuh lainnya, terutama kulit dan persendian.

Penyakit ini sebenarnya merupakan penyakit seksual yang kerap ditemukan yang ditularkan melalui hubungan seksual dengan pasangan yang telah terkena infeksi sebelumnya. Karena penyakit ini sering tidak memberikan gejala klinis secara nyata terhadap perempuan, sehingga para pasian perempuan kerap tidak mendapatkan terapi memadai, sehingga berpotensi menularkan gonore terhadap pasangan.

Kencing nanah atau gonore merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kemandulan baik pada pria maupun wanita apabila tidak diatasi dengan segera. Pada wanita, gonore juga dapat mengakitbatkan radang panggul dan dapat diturunkan terhadap bayi melalui infeksi pada mata yang berakibat kebutaan.

Pengobatan penyakit kencing nanah dapat dilakukan secara medis, yaitu berobat kepada seorang dokter kulit dan kelamin agar dicarikan solusi terapi yang paling tepat. Terkadang dokter juga akan melakukan pemeriksaan biakan untuk mengetahui obat antibiotik yang paling ampuh untuk mengatasi penyakit ini.

Selain melakukan pengobatan secara medis, pengobatan penyakit kencing nanah juga sebenarnya dapat dilakukan secara tradisional. Pada masyarakat Karo, penyakit kencing nanah sudah dikenal secara turun-temurun yang dikenal dengan istilah penyakit pasar. Karena keberadaan penyakit ini sudah dikenal secara turun-temurun, sehingga cara mengatasinya juga telah dikenal sejak lama secara tradisional.

Adapun cara pengobatan tradisonal Karo untuk penyakit sakit kencing nanah dapat diatasi dengan ramuan dan cara pemakaiannya seperti yang akan dipaparkan berikut dibawah ini:

Bahan-bahan:
  • Nanas Hutan (Nenas Merah)
  • Gula Batu
  • Jeira Jantan
Cara Pemakaian
  • Nanas dikupas dan dipotong persegi sekitar 1 inci setiap potong
  • Bagian potongan nanas ditaburi gula batu bersamaan dengan jeira kemudian ditumbuk
  • Bahan-bahan yang sudah ditumbuk kemudian diembunkan semalaman
  • Setelah diembunkan, ramuan ini kemudian dapat dimakan untuk mengatasi penyakit kencing nanah
Terapkan pengobatan ini hingga waktu 3 minggu, bila kondisi penyakit kencing nanah yang Anda alami belum mengalami perubahan ke arah kesembuhan, maka sebaiknya kunjungilah dokter terdekat untuk mengkonsultasikan lebih lanjut tentang penyakit yang Anda derita.

No comments:

Post a Comment