Home   About   Contact

Thursday, January 23, 2014

Mengenal Tawar Mbentar Obat Tradisional Karo

Tawar Mbentar atau sering juga disebut tawar mentar adalah obat tradisional khas Karo yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit ringan. Tawar Mbentar sendiri terdiri dari dua suku kata, yaitu tawar yang berarti obat atau jamu dan mbentar yang berarti putih, sehingga bila diterjemahkan secara bebas kedalam bahasa Indonesia, sehingga artinya menjadi obat yang berwarna putih.

Keberadaan tawar mbentar sebagai obat telah diwariskan oleh suku Karo dari generasi ke generasi. Bahkan disaat era modern seperti sekarang ini, keberadaan tawar mbentar sebagai obat keluarga masih banyak digunakan oleh kalangan masyarakat Karo. 

Tawar mbentar sendiri terbuat dari bahan dasar tepung beras yang dicampur dengan berbagai rempah-rempah. Cara pembuatannya sendiri cukup sederhana, yaitu menghaluskan terlebih dahulu ramuan rempah-rempah yang telah tersedia. Setelah rempah-rempah digiling halus, kemudian dicampurkan dengan tepung beras, serta kemudian dibasahi dengan air.

Campuran rempah-rempah halus dan tepung beras yang telah dibasahi kemudian diaduk dengan rata. Setelah proses pengadukan selesai dilakukan, maka campuran rempah-rempah dan tepung beras tersebut akan tampak seperti adonan kue. Tawar mbentar yang berupa adonan ini kemudian dibulat-bulati sebesar kelereng, dan setelah selasai dibulati kemudian dikeringkan.

Setelah proses pengeringan selesai dilakukan, maka tawar mbentar sudah siap untuk digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit, seperti penyakit gatal-gatal, demam ringan, pegal-pegal, masuk angin, penyakit lambung, dan penyakit ringan lainnya.

Cara penggunaan tawar mbentar sendiri dapat dilakukan dengan dua cara berbeda, yaitu cara pertama mencampurkan tawar mbentar dengan air putih, kemudian dioleskan pada bagian kulit yang terasa gatal. Hal ini juga dilakukan ketika tawar mbentar ditujukan untuk mengobati penyakit demam ringan, yaitu diolesi pada bagian kepala, dibagian perut ketika masuk angin, serta mengoleskan tawar mbentar pada bagian perut ketika masuk angin. Cara penggunaan kedua tawar mbentar dapat langsung dimakan dan hal ini ditujukan untuk mengobati berbagai penyakit dalam, seperti penyakit lambung dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang ingin mencoba tawar mbentar sebagai obat alternatif, maka keberadaanya dapat dengan mudah ditemukan di berbagai pasar tradisonal daerah Karo, seperti di pajak Pancur Batu, Kabanjahe, Berastagi dan juga di pajak Tigabinanga.

No comments:

Post a Comment